Pemerintahan Orde Lama

Posted: October 30, 2012 by siscaluvfeerz8 in Uncategorized

Orde Lama adalah sebutan bagi masa pemerintahan Presiden Soekarno diIndonesia. Orde Lama berlangsung dari tahun 1945 – 1968. Dalam jangka waktu tersebut, Indonesia menggunakan bergantian sistem ekonomi liberal dan sistem ekonomi komando. Di saat menggunakan sistem ekonomi liberal, Indonesia menggunakan sistem  pemerintahan parlementer . Presiaden Soekarno di gulingkan waktu Indonesiamenggunakan sistem ekonomi komando.

Setelah turunnya presiden soekarno dari tumpuk kepresidenan maka berakhirlah ordelama. Kepemimpinan disahkan kepada jendral soeharto mulai memegang kendali. Pemerintahan dan menanamkan era kepemimpinanya sebagai orde barukonsefrasi penyelenggaraan sistem pemerintahan dan kehidupan demokrasi meniti beratkan pada aspek kestabilan politik dalam rangka menunjang pembangunan nasional. Untuk mencapai titik-titik tersebut dilakukanlah upaya pembenahan sistemkeanekaragaman dan format politik yang pada prinsipnya mempunyai sejumlah sisiyang menonjol, yaitu :

1.adanya konsep difungsi
ABRI
2.pengutamaan golonga karya
3.manifikasi kekuasaan di tangan eksekutif 
4.diteruskannya sistem pengangkatan dalam lembaga-lembaga pendidikanpejabat
5.kejaksaan depolitisan khususnya masyarakat pedesaan melalui konsep mascamengembang (flating mass)
6.karal kehidupan pers
7.konsep diafungsi
ABRI pada masa itu secara inplisit sebelumnya sudahditempatkan oleh kepala staf angkatan darat Mayjen A.H.NASUTION tahun1958 yaitu dengan konsep jalan tengah prinsipnya menegaskan bahwa perantentara tidak terbatas pada tugas profesional militer belaka melainkan juga mempunyai tugas-tugas di bidang sosial politik dengan konsep seperti inilahdimungkinkan dan bahkan menjadi semacam KEWAJIBAN JIKALAUMILITER BERPARTISIPASI DI BIDANG POLITIK PENERAPAN , konjungsi ini menurut pennafsiran militer dan penguasa orde baru memperoleh landasan yuridi konstitusional di dalam pasal 2 ayat 1 UUD 1945 yang menegaskan majelis permusyawaratan rakyat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s