PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA

Posted: October 16, 2012 by siscaluvfeerz8 in Uncategorized

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia diperingati pada tanggal 17 Agustus 1945 yang dibacakan oleh Ir. Soekarno yang didampingi Drs. Mohammad Hatta di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta pusat. Latar belakang proklamasi yaitu dijatuhkannya bom atom di atas kota Hiroshima  pada tanggal 6 Agustus 1945 oleh Amerika Serikat yang mulai menurunkan moral semangat tentara Jepang di seluruh dunia. Sehari kemudian Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), telah berganti nama menjadi PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia). Badan ini bertugas untuk lebih menegaskan keinginan dan tujuan mencapai kemerdekaan Indonesia. Pada tanggal 9 Agustus 1945, bom atom kedua dijatuhkan di atas Nagasaki sehingga menyebabkan Jepang menyerah kepada Amerika Serikat dan sekutunya. Momen ini dimanfaatkan oleh Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaannya.

Pada tanggal 14 Agustus 1945, Sutan Syahrir telah mendengar berita lewat radio bahwa Jepang telah menyerah kepada Sekutu. Para pejuang bawah tanah bersiap memproklamasikan kemerdekaan RI dan menolak bentuk kemerdekaan yang diberikan sebagai hadiah Jepang. Pada tanggal 12 Agustus 1945, Marsekal Terauchi di Dalat, Vietnam mengatakan kepada Ir.Soekarno, Drs. Mohammad Hatta dan Radjiman bahwa pemerintah Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia dan proklamasi kemerdekaan dapat dilaksanakan. Sementara itu Ir.Soekarno belum yakin bahwa Jepang memang telah menyerah dan proklamasi kemerdekaan RI saat itu dapat menimbulkan pertumpahan darah yang besar dan dapat berakibat sangat fatal jika para pejuang Indonesia belum siap. Soekarno mengingatkan Hatta bahwa Syahrir tidak berhak memproklamasikan kemerdekaan, karena itu adalah hak Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

Pada rapat PPKI golongan muda tidak menyetujui rapat itu. Mengingat PPKI adalah sebuah badan yang dibentuk oleh Jepang. Mereka menginginkan kemerdekaan atas usaha bangsa kita sendiri, bukan pemberian Jepang. Setelah Soekarno dan Hatta pulang dari maeda, mereka segera mempersiapkan pertemuan PPKI pada tanggal 16 Agustus guna membicarakan segala sesuatu yang berhubungan dengan persiapan Proklamasi Kemerdekaan, namun rapat tersebut tidak jadi dilaksanakan karena Soekarno dan Hatta tidak muncul. Peserta rapat tidak tahu bahwa telah terjadi peristiwa Rengasdengklok.

Sumber : ajhiepurmana.blogspot.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s